Kyai sebagai Pemimpin Pendidikan Pesantren dan Politi (Tinjauan Filosofis)

  • Nur Syahid IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo
Keywords: kiai, pendidikan pesantren, politik, tinjauan filosofis

Abstract

Keterlibatan kyai dalam politik praktis menyebabkan kyai menempati posisi elit politik dalam struktur politik, sehingga beberapa di antara mereka ada yang menjadi elit pemerintahan baik pada tingkat lokal maupun peringkat nasional. Beberapa di antara mereka ada yang menjadi menteri, duta besar, dan lain-lainnya. Para pemimpin pesantren yang sering dikonotasikan dengan kyai atau ulama dari dulu hingga sekarang mempunyai kekuatan politik yang dominan dan menempati posisi struktur religi politik dari struktur  sosial masyarakat. Dalam hal ini agama mengintegrasikan dalam melegitimasikan sistem sosial politik. Struktur religi politik dalam Islam sebenarnya merupakan refleksi identif dan sosiologis dari alam pikiran Islam. Islam tidak membedakan antara kehidupan akhirat (agama) dengan kehidupan dunia. Dalam pengertian yang lebih kongkrit dapat dikatakan bahwa Islam melingkupi semua aspek kehidupan yang harus dijalani dalam kesadaran tanggung jawab kepada Allah dan sesama manusia. Dengan demikian tidak ada pembedaan antara tugas-tugas terhadap Sang Khaliq dan tugas-tugas terhadap negara. Untuk itu kyai sebagai pemimpin pendidikan madrasahnya memasukkan kiprah berpolitiknya, sebagai lahan perjuangan idealismenya, walau tak kurang kyai yang tetap bertahan pada independennya sebagai pengayom semua kalangan dan golongan. Semua berpulang pada nilai-nilai filosofis yang dikembangkan dan dianutnya.

References

Ahmadi, Abu. 1986. Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam. Bandung Armico
Al-Jawi, Muhammad Nawawi. Marahiy Labid. tt. Tafsir Nawawi. Bairut : Darut Fikr,
Al-Suyuthi, Jalaluddin Abdurrahman. tt. Al-Jamius Soghir. 911 H. Juz. 2. Surabaya, Serikat Annur Asiya.
Al-Syaibany, Omar Mohammad Al-Toumy. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Amiruddin, Muhammad Hasbi. 2000. Konsep Negara Islam Menurut Fazlurahman. Yogyakarta : UII Press.
Arikunto, Suharsimi. 1992. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.
---------. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratek. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik Dan Beppekab Jawa. 2002. Kabupaten Jawa Dalam Angka 2002
Budiarjo, Miriam. 1981. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta : Gemedia.
Copleston, Frederick, SJ. 1994. A History of Philosophy; Modern Philosophy from the French Enlightenment to Kant, vol. VI. New York: Image Book.
Departemen Agama. RI. 1993. Al-Qur’an Dan Terjamahnya. Surabaya : Surya Cipta Aksara
Dhofier, Zamaksyari. 1982. Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta : LP3ES
Faisal, Sanapiah. tt. Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Press.
Furchan, Arif. 1982. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.
Hadi, Sutrisno. 1993. Metodologi Reseach. Yogyakarta : Andi Offest.
Hardiman, Budi. 2015. Seni Memahami; Hermeneutik dari Schleiermacher sampai Derrida. Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius.
Imron, Ali. 1995. Pembinaan Guru Di Indonesia. Jakarta : Pustaka Jaya
Indrakusuma, Amier Dien. 1973. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya Usaha Nasional.
Jawa Pos. 2005. 26 Mei. Mustafa Bisri. A. Beri Mauizah Khazanah. Surabaya
---------. 2005. 28. Mei. Mustafa Bisri. A. Kyai Dan Politik. Surabaya
K.G. Saiyidain. 1981. Percikan Filsafat Iqbal mengenai Pendidikan, terj. M.I Soelaeman. Bandung: Diponegoro.
Koiruddin. 2005. Politik Kyai Polemik Keterlibatan Kyai Dalam Politik. Praktis. Malang : Averroes Press.
Lemhanas. 1984. Kewiraan Untuk Mahasiswa. Jakarta : Gremedia Pustaka Utama.
Maarif, A. Syafi’i. 1998. Islam Dan Politik Di Indonesia. Yogyakarta : IAIN Sunan Kali Jaga
Moesa, Ali Maschan. 1999. Kyai Dan Politik, Surabaya Lepkis.
Noer, Deliar. 1983. Pengantar Kepemikiran Politik. Jakarta : Rajawali
Poespoprodjo. 1999. Filsafat Moral. Bandung: Pustaka Grafika.
Ramayulis. 1994. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia
S. Nasution. 1993. Didaktik. Asas-Asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Siradj, Said Agiel. 1999. Islam Kebangsaan. Jakarta : Pustaka Cigancur.
Steenbrink, Karrel A. 1986. Pesantren, Madrasah Dan Sekolahan. Jakarta : LP3S
Subari. 1994. Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Perbaikan Situasi Mengajar. Jakarta : Aksara.
Sudjiono, Anas. 2001. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Grafindo Persada.
Suhertian, Piet. 1994. Dimensi Administrasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.
Suminto, Agib. 1985. Politik Islam Hindia Belanda. Jakarta : LP3ES
Syafi’i, Inu Kencana. 1997. Ilmu Politik. Jakarta : Rineka Cipta.
Usman Moh. Uzer dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Wan Mohd Wan. 1998. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas, terj. Hamid Fahmi Zarkasy. Bandung: Mizan.
Wijaya, Cece. 1991. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Zarkasyi, Fahmy. 1998. Ensklopedi Islam . Jakarta Ikhtiar Baru Van Hoeve.
Published
2021-03-31
How to Cite
Syahid, N. (2021). Kyai sebagai Pemimpin Pendidikan Pesantren dan Politi (Tinjauan Filosofis). QUDWATUNA, 4(1), 1-14. Retrieved from http://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/113
Section
Articles