Optimalisasi Kegiatan Keagamaan Dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Siswa di SMPN 3 Waru Sidoarjo

  • M. Arif Hanafi STAI YPBWI Surabaya
  • Naily Rohmah STAI YPBWI Surabaya
  • Ansori STAI YPBWI Surabaya
  • Fatchor Rohman STAI YPBWI Surabaya
  • Zaini Tamim AR STAI YPBWI Surabaya
Keywords: Kegiatan Keagamaan, Sikap Spiritual, Moral

Abstract

Pendidikan agama yang diberikan kepada siswa di sekolah tidak cukup hanya sekedar teori yang diajarkan di dalam kelas saja, namun perlu adanya kegiatan praktek keagamaan untuk menunjang sikap spiritual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kegiatan keagamaan dalam meningkatkan spiritualitas siswa di SMPN 3 Waru, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap spiritual siswa SMPN 3 Waru Sidoarjo sudah cukup baik. Implementasi kegiatan keagamaan di lembaga tersebut dilakukan melalui kegiatan berdoa sebelum dan sesudah belajar, kegiatan sholat dhuhur berjama’ah, membaca al-Qur’an dan pembacaan istighosah. Di sisi lain, sikap spiritual dalam hal hubungan manusia dengan sesama manusia dilaksanakan dalam kegiatan halal bi halal, peringatan maulid nabi Muhammad Saw, dan perayaan hari raya Idul Adha. Sementara, sikap spiritual dalam hubungan manusia dengan alam dilaksanakan dalam bentuk Jum’at Bersih (kerja bakti), bakti sosial dan pelestarian lingkungan. Dengan optimalisasi kegiatan keagamaan  yang  beragam, keadaan kualitas spiritual semakin berkembang. Terlebih, metode pembiasaan secara secara konsisten dilakukan oleh lembaga tersebut.

References

Ahyadi, Abdullah A. 1991. Psikologi Agama dan Kepribadian Muslim Pancasila. Bandung: Sinar Baru.
Al-Qur’an dan Terjemah. 2009. 96 (al-Alaq): 1-5, Bandung : PT Sygma Examedia Arkanleema.
AR, Zaini Tamin. 2018. “Teologi Pengembangan Pemuda; Membumikan Tauhid Sebagai Dasar Kesalihan Sosial”, Mukammil : Jurnal Kajian Keislaman, Vol. 1, No. 2..
Ash-Shilawy, Ibnu Rifah. 2012. Jangan Asal Sholat. Yogyakarta: Citra Risalah.
Azra, Azyumardi. 2012. Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.
Azzet, A Muhaimin. 2012. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak, 2010
Echols, M. John dan Shadily Hassan. 2000. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.
Faisal, Sanapiah. 2016. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Press.
Fakhruddin, Agus. Manajemen Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah.
H. Hasanah, I G Nurjaya, dan M. Astika. Pengintegrasian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Pembelajaran Teks Ulasan Film/Drama di kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Singaraja.
Retno Indayati. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik dalam Perspektif Islam. Tulungagung: IAIN Tulungagung Press.
Hadi, Aslan. 1986. Pengantar Filsafat Islam. Jakarta: Rajawali.
Hady, Asian. 1986. "Pengantar Filsafat Agama. Jakarta: Rajawali Press.
Hafidh, Amdjad Al. 2009. Keistimewaan dan perasaan Al Asmaa-ul Husnaa. Semarang: Majelis Khidmah Al Asmaa-ul Husna.
Hendropuspito. 1983. Sosiologi Agama. Yogyakarta: Kanisius.
Idriantoro, Nur dan Supomo Bambang. 2002. Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE.
Irwanto, dkk. 1991. Psikologi Umum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kemendikbud, KBBI. 1996. Jakarta.
Khavari. 2000. The Art Of Happines. Mencapai Kebahagiaan dalam Setiap Keadaan. Jakarta: Mizan Pustaka.
Moleong, Lexy J. 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhajir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Mujib, Abdul dan Mudzakir Yusuf. 2002. Nuansa-nuansa Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muliawan. 2005. Jasa Ungguh. Pendidikan Islam Integratif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Musnamar, Tohari. 1992. Dasar-dasar konseptual Bimbingan dan Konseling Islami. Yogyakarta: UII Press.
Nana, Sukmadinata S. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nata, Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.
Nurhidayati, Titin. 2015. “Inovasi Pembelajaran PAI berbasis Multiple Intelligences”, Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), Vol. 3 No. 1 .
Ruspandi A. 2016. Pendidikan Tahfiz Alqur’an. Surabaya: Fadhilatul Qur’an Ketapang – Sampang.
Siswanto, Wahyudi. 2012. Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak. Jakarta: Amzah.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Hasil Wawancara
Mochamad Afrizal Hamsyah S.Pd.I, M.Pd. Wawancara, Sidoarjo, 15 Maret 2020
Joko Setia Budi, S.Pd. Wawancara , Sidoarjo, 24 Februari 2020
Siswa Kelas 7, Wawancara, Sidoarjo, 25 Februari 2020
Published
2021-03-31
How to Cite
Hanafi, M. A., Rohmah, N., Ansori, Rohman, F., & Tamim AR, Z. (2021). Optimalisasi Kegiatan Keagamaan Dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Siswa di SMPN 3 Waru Sidoarjo. QUDWATUNA, 4(1), 34-53. Retrieved from http://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/117
Section
Articles