Pembelajaran Sintaksis Bahasa Arab; Review Diferensiasial dengan Bahasa Indonesia

  • Mochamad Syaifudin IAI Al Khoziny Sidoarjo
Keywords: Pembelajaran Sintaksis, Bahasa Arab, I'rab, Muthabaqoh, Dlamir

Abstract

Dalam bahasa apapun, unsur bahasa terdiri dari tiga komponen, yaitu suara, kosa kata dan tata bahasa. Tata bahasa bahasa meliputi empat komponen yaitu ilmu tentang suara (fonologi), ilmu tentang asal pembentukan kata (morfologi), ilmu tentang tata cara penyusunan kata, frase, klausa, dan kalimat serta hubungan antara keempatnya (sintaksis) dan ilmu tentang makna (semantik). Tulisan ini akan memfokuskan pada bidang sintaksis, dimana antara bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, memiliki kesamaan tetapi juga memiliki perbedaan yang mencolok. Diantaranya tentang i’rab (perubahan akhir kata pada bahasa Arab) sebagai dampak dari teori ‘amil, tentang muthabaqoh (kesesuaian dalam gender dan dalam jumlah) dan kata ganti (dlamir) yang sangat detail dalam bahasa Arab. Dengan memahami perbedaan tersebut, pembelajaran sintaksis bahasa Arab bisa berlangsung dengan mencerahkan dan efektif.

References

al-Farra’, Abu Zakariya Yahya ibn Ziyad. 1983. Ma’anil Qur’an, juz. 1. Beirut: Alam al-Kutub,
al-Hasyimy, Al-Sayyid Ahmad. 2012. al-Qowa’id al-Asasiyyah lil al-Lughah al-Arabiyyah. Beirut: Darul Kutub al-Ilmiyyah.
al-Indunisy, Afifudin Dimyati. 2022. Mabahits fi Ma’anil Qur’an. Al-Qahirah: Dar al-Nibras.
al-Khowam, Riyadh ibn Hasan. 2014. Nadzoriyyah al-Amil fi al-Nahwi al-Araby. Makkah, Jami’ah Ummul Quro’.
al-Khuli, Muhammad Ali. 1993. Madkhal Ila ‘Ilm al-Lughah. Amman, Dar al-Falah
Chaer, Abdul. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
----------. 2015. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dawud, Muhammad Muhammad. 2001. al-Arabiyah wa ‘Ilm al-Lughah al-Hadits. al-Qahirah: Dar al-Gharib.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Cet. Ke-4.
Dloif, Syauqi. 2013. Tajdid al-Nahwi. al-Qahirah: Dar al-Arif.
Echols, John M. dan Hassan Shadilly. 1996. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia. Cet. Ke-22.
El-Dahdah, Antonie. 1992. A Dictionary Universal Arabic-English. Beirut: Libraire Libanon. cet. I.
Hornby, A. S. 1995. Oxford Advances learner’s dictionary, Fifth edition. Oxford: Oxford University Press.
ibn Hisyam, Abdullah Jamaludin ibn Yusuf ibn Ahmad ibn Abdullah. Tt. Audlah al-Masalik Ila Alfiyyah Ibn Malik. .Jeddah: al-Haramain. Juz. 1.
Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. cet. Ke-5.
Nasution, Sakholid. 2017. Pengantar Linguistik Bahasa Arab. Malang: Lisan Arabi.
Noortyanti, Rusma. 2017. Buku Ajar Sintaksis. Yogjakarta: Media Pustaka.
Ramlan. 2005. Sintaksis. Jakarta: CV. Karyono.
Schulz, Eckehard. 2017. al-Arabiyyah al-Mu’ashiroh, Bahasa Arab Modern, terj. Bakhrudin Fannai, dkk. Surabaya: CV. Cakrawala, 2017.
Verhaar, J.W. M. 1989. Pengantar Linguistik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Cet. Ke-12.
Published
2022-03-31
How to Cite
Syaifudin, M. (2022). Pembelajaran Sintaksis Bahasa Arab; Review Diferensiasial dengan Bahasa Indonesia. QUDWATUNA, 5(1), 1-32. Retrieved from http://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/162
Section
Articles