Mengembangkan Kemampuan Membaca al-Qur’an Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di PG/RA Avesiena Sarirogo Sidoarjo Melalui Media Kartu Huruf Hijaiyah

  • Asmaul Husnah IAI Al Khoziny Sidoarjo
  • Novita Widiyaningrum STAI Al Azhar Menganti Gresik
Keywords: Membaca al-Qur'an, Anak Usia 5-6 Tahun, Media Kartu Huruf Hijaiyyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak usia 5-6 tahun di PG/RA Avesiena melalui media kartu huruf hijaiyah, dilatar belakangi oleh rendahnya membaca  Al- Qur’an. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Lokasi penelitian diPG/RA Avesiena Sarirogo Sidoarjo. Pada anak usia 5-6 tahun. Subyek penelitian; Anak, Kepala Sekolah, Guru, dan Orangtua. Pengumpulan data penelitian ini dengan cara; observasi, wawancara,dokumentasi, dan angket. Setelah data terkumpul, analisis data dilakukan dengan cara penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana cara mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak  usia 5-6 tahun di PG/RA Avesiena Sarirogo Sidoarjo melalui media kartu huruf hijaiyah?, 2) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an anak usia 5-6 tahun di PG/RA Avesiena Sarirogo Sidoarjo setelah menggunakan media  kartu huruf  hijaiyah? Hasil penelitian: cara mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an di PG/RA avesiena yakni dengan menggunakan media kartu huruf hijaiyah dan  untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak usia 5-6 tahun dinyatakan bahwa sudah menunjukkan keberhasilan yang terbukti dari adanya peningkatan kemampuan Membaca Al Qur’an.

 

References

Ambarini, Vinca. Kartu Pintar Huruf. Jakarta: Gramedia Jakarta, 2006.
Arifah Nurul dan Sri Setyowati. “Pengaruh Penerapan Media Kartu Huruf Warna-Warni Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Kelompok B di TK Islam Hubbul Wathon.
Aulia. Revolusi Pembuat Anak Candu Membaca. Yogjakarta: FlashBooks, 2012.
Hasan, Maimunah. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press, 2009.
Irdawati, Yunidar, dan Darmawan. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol”, dalam jurnal Kreatif Tadulako Online Vo. 5
Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, (Jakarta: Gaung persada Press, 2008.
Munir, Ahmad dan Sudarsono. Ilmu tajwid dan seni baca Al Qur’an. Jakarta: Rineka CIpta, 1994.
Musfiqon, H.M. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya, 2012.
No. 4 ISSN 2345-614X
Pangastuti, Ratna dan Siti Farida Hanum. ”Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf”, dalam Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education Online ISSN: 2550-1100, Vol. 1 (1), 2017.
Suharso dan Ana Retnoningsih. Kamus Bahasa Indonesia Edisi Lux. Semarang: Widya Karya
Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Predana Media Group, 2011.
Sutaryono. Efektifitas Penggunaan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.
Suyanto Slamet. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas, 2005.
Zainiyati, Husniyatus Salamah. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama, 2017.
Published
2022-03-31
How to Cite
Husnah, A., & Widiyaningrum, N. (2022). Mengembangkan Kemampuan Membaca al-Qur’an Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di PG/RA Avesiena Sarirogo Sidoarjo Melalui Media Kartu Huruf Hijaiyah. QUDWATUNA, 5(1), 33-53. Retrieved from http://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/164
Section
Articles