Implementasi Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kerjasama Sekolah Dan Orang Tua

  • Tasurun Amma Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Darussalam OKI
  • Erham As’ari Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Darussalam OKI
  • Yusup Syaikhoni Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Darussalam OKI
Keywords: karakter belajar, sikap disiplin, kolaborasi

Abstract

Seseorang yang memiliki sikap disiplin akan melakukan refleksi melalui ketaatan, perilaku patuh dan tertib dengan rasa tanggung jawab atas apa yang telah menjadi aturan yang diterimanya. Pada kenyataannya, disiplin tampaknya sulit dilakukan oleh sebagian orang, karena mencakup semua aspek kedisiplinan. Sikap disiplin masih banyak terlihat di berbagai tempat dan lembaga, serta di lingkungan sekolah. Disiplin di sekolah harus diwujudkan termasuk beberapa bentuk disiplin ilmu. Kerjasama bidang pendidikan merupakan bentuk kerjasama antar satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat yang dilandasi oleh prinsip gotong royong, kesetaraan, saling percaya, saling menghormati dan bersedia berkorban dalam membangun ekosistem pendidikan yang menumbuhkan karakter dan budaya prestasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, metode yang biasa digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumen. Deskriptif kualitatif dalam penelitian ini digunakan untuk mengembangkan teori yang dibangun melalui data yang diperoleh di lapangan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi siswa yaitu pola asuh dalam kehidupan sehari-hari, hubungan sosial, dan pemahaman diri. Bentuk kerjasama yang ada adalah kerjasama dan sosialisasi peraturan sekolah, bentuk organisasi kerjasama sekolah dan orang tua/wali, komite sekolah, kunjungan rumah, menerima kunjungan orang tua wali, bekerjasama dalam kelompok, dan melakukan bimbingan konseling di sekolah. Upaya yang dilakukan melalui kerjasama yaitu melakukan musyawarah dengan orang tua wali, pembelajaran karakter disiplin sejak dini yang dilakukan bersama antara guru dan sekolah, internalisasi nilai-nilai kedisiplinan dalam mata pelajaran, membangun lingkungan sekolah yang kondusif dengan berbagai cara termasuk yang dibekali dengan infrastruktur sekolah, mengadakan kegiatan positif yang membangun nilai karakter siswa, kontrol, reward and punishment, dan modeling.

References

Abdullah. 2010. Kerjasama Dalam Pendidikan Yogyakarta : Nuha Litera.
Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung; CV Pustaka Setia.
Andayani Dian dan Abdul Majid. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aunillah, Nurla Isna. 2013. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter Di Sekolah, Jogjakarta: Laksana.
Danim S. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Desi, Safa. 2018. Persoalan Karakter Anak Didik, Jakarta : Bumi Aksara.
Dharma Kesuma, Et. All., 2011. Pendidikan Karakter, Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Elizabeth Harlock, 1987. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Fani Julia Fiana, Dkk., 2013. Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dan Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Konseling, Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling, UNP, VOLUME 2, Nomor 23, April.
Fauzi, Mahmud. 2013. Hubungan Dorongan Keluarga Dan Kepuasan Hidup Ansia Berdasarkan Status Perkawinan, Psiychological Journal: Science And Practice 1 Volume 3.
Hasaen Usman, PurnamaSetiadi Akbar. 1988. MetodologiPenelitianSosial, Jakarta: Bumi Aksara.
Hasbulloh. 2007. Otonomi Pendidikan Kebijakan Otonomi Daerah Dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hurlock, E.B. 2006. Perkembangan Anak Jilid 2. Terj. Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Erlangga. Edisi asli diterbitkan tahun 1978 oleh McGraw- Hill, Inc.
Jhon W Creswell. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kamaludin. 2011. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayan, volume 17, nomor 4, Juli.
Lickona, Tomas. 2012. Characther Matters: Persoalan Karakter Membantu Anak Bagaimana Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas dan Kebajikan Penting Lainnya (Terj). Ahmad Yanto. Jakarta : Bumi Aksara.
M. Shochib. 2014. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Bandung: Rineka Cipta.
Mahasti Winda W., 2018. Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Peserta didik SDN Kepek Pengasih Kulon Progo Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan PGSD, Edisi 19 Tahun Ke-7.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Munawaroh, S., Taryati, Herawati, I., et al. 2013. Perilaku Disiplin Dan Kejujuran Generasi Muda Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya.
Ningrat, Koentjoro. 1993. Metode Wawancara Dalam Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rahman, Maman. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Rahmat, Nur, Dkk. 2017. Pembentukan Karakter Disiplin Peserta didik Melalui Guru Kelas di SDN 3 Rejosari Oku Timur, Jurnal Menejemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 2 No. 2.
Romadona, Mohammad, Dkk. 2020. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik, Research And Development Journal Of Education, volume 6, nomor 2, April.
Rusdianto, (Ed.). 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press,.
Sastopotro, Santoso. 2008. Partisipasi, Komunikasi Persuasi Dan Disiplin Dalam Pembangunan Nasional. Bandung: Penerbit Alumni.
Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Proses Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprayogo, Imam dan Tobroni. 2001. Metodologi Penelitian Sosial-Agama, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tarmiji. 2009. Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengarahkan Perilaku Anak. Jakarta: Rineka Cipta.
Tohirin. 2004. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Press.
Yuliantika, Siska, 2017. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas X, XI, dan XII di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia, volume 9, nomor 1.
Zaini, Muhammad. 2009. Pengembangan Kurikulum; Konsep Implementasi Evaluasi Dan Inovasi. Yogyakarta: Teras.
Published
2020-09-30
How to Cite
Amma, T., As’ari, E., & Syaikhoni, Y. (2020). Implementasi Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kerjasama Sekolah Dan Orang Tua. QUDWATUNA, 3(2), 101-123. Retrieved from https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/99
Section
Articles